Wellcome to PC IPNU-IPPNU KENCONG

Ketua PC IPNU Kencong

product

Sekjen

product

Bendahara

product

Ketua PC IPPNU Kencong

product

Sekjen

product

Bendahara

product

KOMUNIKASI

Komunikasi

Pokok Bahasan :
1. Pengertian dan tujuan komunikasi
2. Unsur – unsur komunikasi
3. Bagaimana menciptakan komunikasi yang efektif
4. Komunikasi verbal dan non verbal
5. Etika komunikasi
Tujuan :
1. Mengerti dan memahami tujuan serta komponen – komponen komunikasi
2. Mengetahui dan bisa menerangkan bagaimana komunikasi yang baik dan produktif

Pendalaman Materi
Komunikasi adalah proses pemindahan pengertian dalam bentuk ide – ide atau gagasan atau informasi dari seseorang ( komunikator ) kepada orang lain ( komunikan ) dengan tujuan agar dimengerti atau mengubah prilaku. Perpindahan tersebut tidak hanya melibatkan lebih dari sekedar kata – kata yang digunakan dalam percakapan, tetapi juga ekspresi wajah, intonasi, titik putus vokal dan sebagainya.
Unsur –unsur komunikasi
1. Sumber ( komunikator )
Dalam organisasi komunikator merupakan pihak yang mempunyai kebutuhan dan keinginan untuk mengkomunikasikan sesuatu gagasan, pemikiran, informasi dan sebagainya kepada pihak lain.
2. Pengiriman berita ( media )
Adalah alat untuk pengiriman ide – ide atau gagasan – gagasan dari sesorang komunikator kepada orang lain ( komunikan ) baik melalui lisan / percakapan maupun tertulis
3. Penerima berita ( komunikan )
Adalah orang – orang atau pihak yang menerima ide – ide atau gagasan-gagasan dari komunikator baik dengan penglihatan, pendengaran, pengucapan, perabaan dan penciuman.
4. Umpan balik ( feed back )
Adalah reaksi akibat adanya komunikasi yang diberikan oleh komunikan kembali kepada komunikator ataupun orang lain.
5. Efek ( reaksi /

Tujuan Komunikasi : bisa dilihat dari bahasa ltin communis yang berarti sama. Sehingga komunikasi bertujuan mengadakan kesamaan.
MACAM-MACAM KOMUNIKASI
1. Komunikasi vertikal Adalah komunikasi ke atas dan kebawah ( upward Comuication-Ddownward Comuication ) sesuai rantai perintah. Komunikasi ke bawah adalah untuk memberi penghargaan , informasi, intruksi, nasehat atau sasaran dan penilaian kepada anggota tentang tujuan dan kebijakan. Organisasi misal berupa Memo, Buletin, Pertemuan, percakapan dll Sedang komunikasi kepada tingkatan menejemen atas tentang apa yang terjadi pada tingkatan bawah , misal laporan priodik, penjelas, gagasan, permintaan pengesahan /keputusan.
2. Komunikasi Lateral/Horisotal Adalah komunikasi diantara para anggotadalam kelompok kerja yang sama atau antar departemen dalam tingkatan organisasi yang sama . Bentuk komunikasi ini bersifat koordinatif
3. Komunikasi diagonal adalah komunikasi yang memotong secara menyilang diagonal rantai perintah organisasi sebagai hasil hubungan departemen bentuk lini dan bentuk staff

No Response to "KOMUNIKASI"

Posting Komentar